Google Maps, Dimana Anda ? Di Bumi ? Ketemuan Yuk !

PTI Artikel Pengantar Teknologi – Edukasi

Selamat pagi, salam sejahtera untuk kita semua. sebelumnya perkenalkan nama Saya Bimo Prakoso, biasa dipanggil Bim, atau cukup Mo. Dalam kesempatan ini saya akan mengajak anda semua untuk mengenal lebih jauh tentang smartphone yang anda punya, khususnya untuk fungsi navigasi dengan software Google Maps yang ada di hampir semua smartphone keluaran terbaru.

Apa itu Google Maps ?

Setidaknya pasti pernah melihat logonya, atau paling tidak mendengar ada orang yang berbicara mengenai Google Maps. Ada kata Google, yang mengimplikasikan bahwa software tersebut ekslusif buatan perusahaan ternama, dan kata Maps, yang berarti peta dalam bahasa Indonesia. Google Maps adalah aplikasi desktop yang berfungsi sebagai pemetaan wilayah di planet bumi kita tercinta ini. Dikembangkan oleh Google, pertama kali diluncurkan pada tahun 2005 dengan fitur gambar satelit, penunjuk jalan, pendeteksi kondisi jalan, dan pengarah jalur atau rute dengan jalan kaki, mobil, sepeda/motor, ataupun transportasi publik.

https://goo.gl/maps/mXHC4MvFxcM2

https://goo.gl/maps/mXHC4MvFxcM2

Khusus untuk aplikasi mobile-nya yang ada di hampir semua smartphone yang dijual umum sekarang ini pertama kali dirilis pada tahun 2008. Saat itu hanya ditujukan untuk pengguna mobil untuk bisa mengetahui posisi dengan sinyal GPS. Baru pada tahun 2013, Google Maps mendapat penghargaan sebagai Aplikasi Terpopuler di Dunia, dengan hampir 53% pengguna smartphone di dunia, setidaknya pernah memakai Google Maps.

Kenapa Google Maps ?

Gratis. Jika anda membeli smartphone (khususnya Android)di gerai-gerai ponsel, kemungkinan sudah terpasang aplikasi Google Maps. Cari sinyal WiFi gratisan, tinggal daftar email Gmail, aktifkan GPS di ponsel, anda sudah bisa mengetahui posisi anda di bumi ini.

Tapi yang jadi pertanyaan utama di artikel ini adalah, bagaimana menggunakan Google Maps dalam keseharian kita? Misal ingin bertemu dengan klien yang belum pernah bertemu sebelumnya, berjanjian ketemu di kafe sambil makan-makan, sambil lobi-lobi, semoga proposal di-approve (curhat hehe). Bagaimana menjelaskannya supaya si klien tidak nyasar atau tidak lewat jalan yang sering kena macet ? Menjelaskan arah jalan kepada orang yang tidak tahu jalan adalah mustahil adanya tanpa rasa emosi yang berkepanjangan (curhat lagi, hehe). Inilah yang mendasari kenapa saya mengambil topik Google Maps di artikel Pengantar Teknologi ini, supaya tiada lagi alasan tidak tahu jalan, padahal punya smartphone dengan harga lebih dari 10 juta.

Bagaimana Caranya Menggunakan Google Maps ?

Paling pertama, mari berdoa, semoga tidak ada kecelakaan di jalan, tidak terjebak genangan air hujan, dan selamat sentosa sampai tujuan. Lalu aktifkan GPS di smartphone anda dan buka aplikasi Google Maps.

Sekarang tanyakan ke diri anda sendiri, anda mau kemana ? Misal mau ke kampus Raharja, ketik “STMIK Raharja” di kotak isian yang paling atas. Jika anda ingin tahu alamat lengkapnya, tap di kotak putih yang paling bawah. Tampilannya kurang lebih seperti ini.

Tap tombol mobil biru untuk mengetahui jalur umum yang biasa ditempuh untuk menuju Kampus Raharja. Garis biru, menunjukan jalur yang waktu tempuhnya tercepat, sedangkan garis abu-abu menunjukan jalur alternatif yang lebih lama waktu tempuhnya. Garis Jingga menunjukkan laju kendaraan akan terhambat, biasanya diikuti dengan garis Merah, yang berarti macet. Lapangkan dada anda.

Tap tombol biru “Start” untuk masuk ke mode GPS. Smartphone anda akan membutuhkan setidaknya 50% baterai dalam mode GPS ini.

Selamat ! Anda sudah tahu caranya menggunakan GPS di smartphone anda. Tak hanya itu, anda bisa sharing lokasi anda sekarang. Caranya tap dan tahan di icon biru yang ada di tengah layar, lalu pilih share, pilih aplikasi komunikasi yang anda inginkan, misal Gmail, anda akan mendapat link yang menuju ke aplikasi google Maps.

Gampang kan ? Tapi tidak semua orang tahu, dan tidak semua orang mau tahu. Mari kita bersama-sama menjadi generasi yang tahu, dan mau bertanya jika tidak tahu. Masih banyak tips dan trik untuk menggunakan Google Maps dengan efektif dan efisien. Lebih lengkapnya bisa searching di Youtube, salah satunya dari Digital Trends berikut ini.

Perlu diingat keselamatan berkendara bagi yang menggunakan sepeda motor, menepi sebentar untuk cek handphone, atau gunakan mounting handphone yang umum dijual, bisa dipasang di besi spion, atau dashboard bagi yang menggunakan mobil. Menggenggam handphone saat berkendara sangat berbahaya bagi keselamatan kita bersama. Mari kita bersama-sama menyadari pentingnya keselamatan bukan karena takut polisi atau denda tilang yang mahal, tetapi karena biaya berobat dan bayar ganti rugi nabrak lebih mahal dan lebih panjang urusannya.

Cukup sekian artikel yang sangat sederhana dari saya, semoga membantu dalam kehidupan kita semua sehari-hari. Terima kasih dan tetap semangat.

Sumber :

– https://en.wikipedia.org/wiki/Google_Maps

– Screenshots by my own phone

– images by pexel.com and images.google.com

– Embed video by DigitalTrend on Youtube

Views All Time
Views All Time
594
Views Today
Views Today
1

  • henny

    keren artikelnya jelas
    lengkap dengan videonya juga
    semnagat yah bimo ngerjain assignmentnya

    • Bimo Prakoso

      Terima kasih ka Henny 😀

  • fajar

    Good sharing mas bim ,
    Semangat terus untuk menulis artikel-artikel yang bermanfaat .

    • Bimo Prakoso

      Terima kasih ka Fajar, semangatt 😀

  • putri2015

    Wah..Artikelnya bermanfaat banget.. Thanks y kak ,Good Share! ^-^

    • Bimo Prakoso

      Terima kasih juga udah mampir ka Putri 😀

  • novitaheriyani

    ga perlu khawatir untuk kesasar lagi yah sekarang karena sudah ada google maps.

    • Bimo Prakoso

      Betul ka Novita, biar paham jalanan menuju kampus Raharja, 😀

  • marviola

    good artikel nih kak 😀
    bukan hanya memberikan informasi tapi ada juga pesan yang terkandung di artikel ini 😀

    • Bimo Prakoso

      Betul sekali ka Marviola, pesan moralnya karena pengalaman XD

  • Rubin Hakita Irwin

    Good Artikel 🙂

    • Bimo Prakoso

      terima kasih sudah mampir ka Rubin 😀

  • maulana sani

    Good share 😊

    • Bimo Prakoso

      Terima kasih ka Maulana 😀

Leave us a Comment

logged inYou must be to post a comment.